Breaking News
Loading...
Minggu

Mengenal Spesifikasi Harddisk Porteble

Pada kesempatan kali ini NailadaM akan membahas bagaimana  Memilih Harddisk Portable  dengan harapan penulis semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda nantinya
Fungsi Harddisk merupakan salah satu sarana untuk menyimpan data baik itu data berupa tulisan computer, gambar, software, dll. Harddisk ini biasa terdapat di komputer maupun laptop.  Tak terkecuali Harddisk portable merupakan tempat untuk penyimpanan data, namun harddisk ini sifatnya portable atau mudah untuk dibawa-bawa.

Sebelum memutuskan untuk membeli hardisk portable, sebaiknya lebih dulu tentang spesifikasi maksud dari keterangan yg bisa tertera pada hardisk tersebut seperti berikut:


Kapasitas Media Penyimpanan File

Kapasitas simpan harddisk portable sangat bervariasi mulai dari 40GB sampai 500GB. Namun kini juga sudah muncul harddisk portable yang daya tampungnya mencapai 1TB (terabyte).
Biasanya semakin besar ukuran harddisk, harganya akan semakin ekonomis. Untuk sementara ini harga yang relatif ekonomis ada pada harddisk kisaran 500GB hingga 640GB.

Kecepatan Putar Drive

Kecepatan putar piringan metal harddisk juga mempengaruhi kecepatan laju data. Semakin cepat daya putarnya, semakin cepat data bisa ditulis dan dibaca. Kecepatan putar ini dinyatakan dalam satuan RPM (rotation per minute). Umumnya harddisk portable berputar pada kecepatan 5400 RPM.

Besar Buffer (Cache)

Adapun besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache. Cache menyimpan dan menangani permintaan  transfer baca atau tulis data dari sistem dengan kisaran 2MB sampai dengan 16MB. Semakin besar cache semakin besar ‘ruang antrian’ pembacaan dan penulisan di harddisk serta semakin cepat pula data diproses. Semakin besar cache memori akan semakin mahal harga harddisk portable tersebut.

Fitur Recovery

Adapun fitur recovery ini berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korupsi data ataupun akibat serangan virus.

Kemampuan Plug and Play

Kemampuan Plug and Play  dapat anda lihat anda menancapkan kabel USB, harddisk portable langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apa pun. Kemampuan ini sanga membantu jika Anda menggunakan satu atau lebih harddisk portable di beberapa PC sekaligus.

Garansi Produk

Rata-rata harddisk eksternal memilki garansi 1 tahun, namun juga ada yang lebih singkat. Kemauan Produsen menjamin produknya bisa berjalan mulus tanpa gangguan selama masa waktu tertentu akan menjamin konsumen tidak lagi merasa ragu untuk membelinya.

Dustproof, Waterproof & Shockproof

Harddisk dirancang untuk menerima getaran hingga kurang lebih 3x kecepatan gravitasi bumi dalam kondisi diam. Namun beberapa vendor menjamin harddisknya bisa tahan hingga 5x kecepatan gravitasi bumi. Faktor ini harus anda pertimbangkan, mengingat terkadang kita sering ceroboh dan menjatuhkan harddisk.

Demikian artikel mengenal spesifikasi hardisk Portable yang NailadaM dapat bagikan semoga bermanfaat....

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top