Breaking News
Loading...
Kamis

Tips Merawat Motor Bebek Supaya Awet



Pada artikel sebelumnya Nailalam telah membahas Tips Bagaiman agar sepeda motor tetap awet. Nahh.. untuk kali ini Nailadam ingin memfokuskan tips tentang merawat sepeda motor bebek yang kebanyakan digunakan kaum hawa bahkan tidak menutup gagi para kaum adam dari segala golongan usia baik remaja dan orang tua pelajar pegawai tanpa terkecuali pengangguran (hehehehee…….) Merawat motor secara rutin adalah kewajiban bagi si pemilik motor supaya motor tetap awet dan tahan lama. Ada beberapa hal krusial yang harus diperhatikan dan inilah poin-poinnya.

Bagian mesin motor adalah hal terpenting yang harus selalu kita perhatikan, karena bagaimana pun mesin motor sangat berpengaruh terhadapa performa keseluruhan sebuah motor, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan si kuda besi? inilah beberapa tips merawat motor bebek supaya awet.

1. Jadwal, rasakan dan perhatikan keadaan motor anda.
Banyak sekali orang yang melupakan keadaan motor mereka, mungkin karena terlalu sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk merawat motor bebek mereka. Tetapi bagaimanapun, motor adalah sebuah mesin yang memerlukan perawatan dan inilah hal yang harus kita perhatikan.

Ganti oli secara berkala, bersihkan karburator dan saringan udara, periksa keadaan aki, cek busi, cek suara mesin ketika sedang hidup. Pergantian oli secara rutin hukumnya wajib, karena bagaimanapun dengan seiringnya waktu, maka oli dimotor anda akan menurun kualitasnya. Gantilah oli motor bebek anda sekitar 2000km sekali atau 1500km sekali tergantung cara pemakaian motor masing masing.

Karburator yang kotor juga akan membuat mesin motor tidak lancar, juga dengan keadaan aki yang sudah minta diganti, biasanya aki yang sudah “soak” menimbulkan efek gangguan kelistrikan seperti klakson menjadi pelan atau starter yang tidak bisa berfungsi. Suara mesin ketika menyala juga bisa memberikan informasi tentang keadaan motor anda, maka perhatikanlah suaranya, jika terdengar suara yang aneh dan tidak seperti biasanya, anda bisa segera mengeceknya dari mana dan mengapa suara itu timbul.

Jika anda tidak bisa memberesihkan karburator, busi dan saringan udara secara sendiri, tips baiknya anda bisa membawa ke bengkel terdekat. Servis berkala juga lebih memudahkan anda dalam merawat motor anda, biasakanlah 2-3 bulan sekali anda melakukan servis rutin, kecuali anda bisa melakukannya sendiri.

2. Bagian body, mesin bagian bawah, kaki-kaki, rantai dan pelek juga perlu dirawat.
Sayang motor dengan kualitas oke tetapi memiliki penampilan yang kotor dan tidak bersih. Untuk itu sering-seringlah memberesihkan motor anda, karena jika anda tidak merawat motor bebek anda, niscaya karat dan kotoran akan sulit untuk anda pisahkan dari motor anda, apalagi dimusim hujan, karat seperti nya sedang mengincar motor anda.

3. Perlakukan motor bebek dengan motorsiawi

Maksud saya adalah jika anda akan pergi menggunakan motor, jangan asal starter kemudian putar gas dan langsung pergi, berikanlah waktu untuk mesin motor anda bernafas, maksudnya panasi motor anda kira-kira 3-5 menit saja cukup, ini supaya oli mengalir dan bagian-bagian mesin motor anda dapat di lumasi dengan baik sebelum motor bekerja dengan penuh.

Ini perawatan yang sering saya lakukan pada motor motor bebek saya yang dulu : ganti olim busi, kampas rem berkala, juga memberesihkan busi, saringan udara, karburator, pelek, jari-jari, kaki-kaki swing-arm, body mesin, knalpot, cek rem, suspensi dan pegangan/tuas rem.

Untuk oli motor bebek saya sering mengecek apakah kapasitasnya masih berada dibatas toleransi atau tidak, jika kurang saya akan menambahkannya dan jika telah melewati 2000km atau 2-3bulan pemakainan saya akan menggantinya. Tidak lupa mencuci motor dengan konsep 2-3 minggu sekali cuci ditempat cuci motor dan 1 minggu sekali cuci sendiri. Semoga tips merawat motor bebek ini bermanfaat.

Berikut sedikit Tips dari Nailadam, tentang bagaiman merawat sepeda motor jenis bebek, yang sebelumnya telah dibahas pada artikel bagaimana kendaraan agar tetap awet. Serta bagaiman merawat kendaraan agar Semoga bermanfaat……

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top