Cara Merawat Sepeda Motor agar Selalu Prima
Seiring dengan kemajuan zaman dan
teknologi saat ini, KENDARAAN bermotor memenuhi jalan. Sehigga
menyebabkan kemacetan hampir di semua khususnya wilayah kota. Hal ini di pengaruhi oleh
kebutuhan transportasi yang mobile, selain harganya yang relatif murah daripada
mobil telah menjadi alternative khusunya untuk
kalangan ekonomi menengah tanpa terkecuali untuk ekonomi kalangan atas. Selain
digunakan untuk KENDARAAN pribadi baik
dari segi kebutuhan maupun sebagai alternative dalam kemacetan, juga untuk di
jadikan hobby bahkan barang koleksi.
Dengan kemajuan teknolgi mesin motor yang semakin maju, sepeda motor juga kuat untuk perjalanan lintas
propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan di Jakarta pulang kampung sebagian
besar mengunakan sepeda motor. Namun terkadang seseorang lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda
yang memiliki sepeda motor maka perlu meluangkan sedikit waktu Anda
untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan.
Jika ingin motor milik Anda lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak
mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, berikut tips merawatnya. Sebelumnya Nailadam telah berbagi dengan sob
tentang TIPS MERAWAT SEPEDA MOTORAGAR AWET , untuk itu pada artikel ini Nailadam
mao berbagi artikel tentang bagaimana merawat KENDARAAN agar tetap prima, berikut ulasan Nailadam
Ø Jika membeli sepeda motor baru
Jangan digunakan untuk membawa
beban terlebih dahulu minimal sampai 500 KM, ini penting karena olie masih
lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin.
Cobalah untuk menjalankan sepeda motor
pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar
mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah
perawatan gratis yang di berikan oleh dealer diman Anda membeli sepeda motor. Umumnya diberikan gratis servis dan ganti olie 3 kali
jalan. Pertama pada KM 500,
kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya sebagai bonus,
namun untuk menjaga usia mesin untuk
jangka panjang. Belum tentu motor
baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam perakitannya, maka diperlukan
pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian pertama, untuk mengetahui
kemungkinan adanya kesalahan.
Tips: Khusus sepeda motor bermesin 4 langkah,tuangkan
sedikit olie kedalam lobang knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil motor anda lebih awet karena tidak
mudah keropos.
Ø Perawatan berkala (tune up)
Tune up perlu dilakukan untuk
mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores(aus). Sehingga
setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen
mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke
bengkel resmi. Debu debu dan
kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi
kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tuneup.
Mengenai kapan waktu ideal untuk
tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM
perjalanan. Namun jika anda merasa bahwa sepeda motor Anda tidak terasa nyaman seperti biasa,
maka lakukan lah tune up kebengkel resmi.
Ø Penggantian Olie
Standard kekentalan olie yang
dipakai KENDARAAN adalah SAE
(Society of Automotive Engineer). Namun, kebanyakan olie yang dijual sudah
memenuhi standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Anda sudah tidak perlu
khawatir mendapatkan standard olie yang salah untuk motor A nda. Yang perlu
diperhatikan adalah kapan saat mengganti olie yang tepat.Hal ini
biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli.
Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik
bagi motor. Olie yang telah melewati
batas akan mengencer dan tidak sesuai lagi. Maka gantilah oli setiap kilometer
menunjkan 2000 KM perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan berkala.
Tips: Disiplin mengganti olie motor dengan berpatokan pada batas
kilometer pemakaian olie ,akan membuat motor
anda selalu prima.
Ø Pemakaian motor
Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas
spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan
bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit
pada sistem bahan bakarnya,dan
inilah yang sering bermasalah. Jika motor
anda memakai gigi manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka
kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4,tapi
mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada stang piston,piston,kopling dan
rantai mesin (4 langkah).
Tips : Terapkan Tradisi pemanasan
mesin motor terlebih dulu sebelum
dipakai, jika motor telah nganggur
selama 8 Jam atau lebih. Motor yang
telah lama didiemin maka olie akan turun kembali dari bagian bagian sempit dan
mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri
kedalam bagian bagian mesin yang perlu dilumasi.Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena jenis mesin ini
hanya mengandalkan olie mesin saja.
Catatan: Memanaskan mesin jangan
terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini nggak baik buat mesin yang berpendingin
udara.Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak
akan mendapat pendinginan yang baik.
Ø Kebersihan
Biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan keropos. Apalagi jika
habis dipakai hujan hujanan.
Dengan melaksanakan beberapa tips
diatas, semoga motor anda bisa
menjadi lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting, harga jual kembali akan
tetap tinggi jika ingin ganti motor
yang baru.
Demikian artikel Cara Merawat
Sepeda Motor agar Selalu Prima yang Nailadam
dapat bagikan semoga bermanfaat trus jangan lupa untuk melanjutkan di artikel
tips merawat kendaraan agar tetap awet, lanjuuutttt. Brooo….
0 komentar :
Posting Komentar